RKAB

Rencana Kerja dan Anggaran Biaya Tahunan yang selanjutnya disebut RKAB Tahunan adalah rencana kerja dan anggaran biaya tahun berjalan pada kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara yang meliputi aspek pengusahaan, aspek teknik, dan aspek lingkungan.

RKAB dalam Pertambangan merupakan salah satu alat perencanaan dan pengendalian manajemen dan sekaligus sebagai media akuntabilitas manajemen dalam Pertambangan. RKAB yang disiapkan secara matang, akan banyak membantu manajemen pertambangan dalam memenuhi prinsip akuntabilitas dan transparansi, namun kelemahan dalam penyiapan RKAB juga dapat mempengaruhi kredibilitas manajemen.

Pemegang IUP dan IUPK hanya dapat melakukan kegiatan usaha pertambangan setelah mendapatkan persetujuan RKAB tahunan. Pada Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 7 Tahun 2020 tentang tata cara pemberian wilayah, perizinan dan pelaporan pada kegiatan usaha pertambangan minerba perubahan RKAB hanya dapat diajukan oleh pemegang IUP tidak hanya terbatas mengenai perubahan kapasitas produksi. Perusahaan tambang pemegang IUP dapat mengajukan revisi RKAB dengan menyampaikan laporan periode triwulan pertama atau paling lambat 31 Juli di tahun berjalan.

PT.Sampulu Adiijaya Prakarsa atau SAP CONSULTING dapat menjadi mitra perusahaan anda dalam pembuatan Laporan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) sesuai peraturan pemerintah. SAP CONSULTING akan membantu anda dalam pembuatan Laporan RKAB dari hulu ke hilir. Tim kami merupakan tim yang ahli dan profesional sehingga dapat membuat Laporan RKAB perusahaan anda kredibel dan transparan.