MINE PLANNING & SCHEDULLING STRATEGY STRATEGY

Suatu perusahaan pertambangan sangat berfokus dalam hal profitabilitas, kepraktisan, dan manajemen resiko terlebih khusus pada rencana aktivitas penambangan secara teknis. Hal ini sangat berkaitan erat dengan bagaimana optimisasi pit yang telah terencana dengan matang. Optimisasi pit adalah usaha untuk menemukan batas tambang terbaik (ultimate pit limit) dan menentukan cadangan optimum yang memberikan net present value (NPV). Perhitungan suatu cadangan dalam suatu pit di Indonesia harus berlandaskan SNI dengan tenaga ahli profesional yang telah tersertifikasi CPI (Competent Person Indonesia) dari dasar Kode Cadangan Mineral Indonesia (KCMI).

Selain optimasi suatu pit, strategi penjadwalan tambang juga sangat penting. Hal ini dikarenakan penjadwalan tambang sangat berkaitan dengan tingkat ketercapaian suatu produksi serta bagaimana menganalisa dan meminimalkan biaya yang ada yang umumnya dari suatu operasi alat gali muat dan angkut. Perencanaan disposal / wastedump beserta stockpile harus dapat tersinkronisasi dengan aksesibilitas dari suatu pit sehingga dapat membuat penjadwalan teknikal yang mudah untuk di-implementasikan.

PT SAMPULU ADIJAYA PRAKARSA yakni SAP CONSULTING selaku konsultan manajemen dan teknikal dibidang pertambangan yang didukung dengan tenaga ahli yang profesional dengan tersertifikasi CPI untuk batubara, mineral, dan batuan. Dengan begitu kami hadir dalam membantu dalam memberikan rekomendasi maupun evaluasi terhadap perencanaan tambang yang belum maupun sedang berjalan dan di-implementasikan.

  1. Analisa dan Strategi Optimasi PIT
  2. Strategi Schedulling Penambangan
  3. Strategi Schedulling Disposal/Waste Dump
  4. Perhitungan Estemasi Cadangan Sesuai dengan KCMI/SNI
  5. Evaluasi Perencanaan Penambangan